Selasa, 17 Februari 2015

Cara rekruitmen anggota Politik Partai Keadilan Sejahtera



1.      Cara rekruitmen anggota Politik apabila Warga Negara Indonesia yang secara UU sudah diperbolehkan beraktifitas politik maka boleh mendaftarkan diri, bisa melalui struktur dikecamatan, daerah atau wilayah. Setelah mendaftar diharuskan mengikuti TOP (Training Orientasi Partai) supaya mengenal lebih dalam tentang PKS. Tidak ada tes khusus karena system di PKS apabila sudah terdaftar menjadi anggota dasar akan dievaluasi secara berjalan, karena didalam anggota mempunyanyi hak dan kewajiban, harus mengikuti unit pembinaan khusus. Didalam unit tersebut dilakukan pembinaan atau kaderisasi secara berkala. Disana diwajibkan untuk mengikuti pembinaan tersebut dan dilakukan pertemuan seminggu sekali, maka akan terlihat siapa yang lebih bersungguh-sungguh untuk masuk kedalam partai PKS ini.

2.      Membangun struktur hingga paling bawah supaya dapat menjangkau masyarakat. Strukturnya itu meliputi: Tingkat Provinsi yaitu DPW (Dewan Pengurus Wilayah), Kota/kabupaten DPD, Kecamatan DPC, kelurahan/desa DPR, tingkat RW Koordinator RW, tingkat RT Koordinator RT. Melalui struktur itulah mencoba menjangkau dan berkomunikasi dengan masyarakat untuk memperkenalkan visi misi partai kita. Melalui program-program seperti: Rumah Bintang Juara merupakan rumah singgah yang berisi tempat bacaan anak-anak, tempat konsultas keluarga, penghijauan lingkungan. Pembinaan Pemuda/Remaja. Dan ada juga program Bank Sampah. Membedakan antara sampah organik dan kegiatan lainnya yaitu acara-acara kunjungan komunitas ibu-ibu pengajian, komunitas pemuda. Sosialisasinya sambil mengenalkan pula walikota dan gubernur Bandung kepada masyarakat awam.

3.      Jelang pemilu yang dilakukan adalah kampanye yang langsung mendatangi masyarakat. Ada juga yang dilakukan dengan secara tidak langsung yang dilakukan melalui Iklan di TV, Radio hanya tertentu tetapi tidak banyak. Dan melakukan ivent-ivent seperti baksos, pelayanan kesehatan dan lomba-lomba untuk anak-anak.Para kader melakukan sosialisasi dengan berkomunikasi langsung dengan masyarakat dengan membagikan brosur-brosur dan meminta pendapat-pendapat atau keluhan apa saja yang di alami masyarakat daerah tersebut (aspirasi masyarakat). Tugas para kader menyampaikan langsung untuk menyampaikan kepada masyarakat. Ada juga kendala dalam sosialisasi dengan masyarakat adalah masih banyak masyarakat yang minim sekali dengan pemahaman dan pengetahuan tentang politik dan cenderung apatis. Sehingga pola pikir mereka ketika didatangi orang partai bayangan mereka orang partai akan membagikan uang.

Sumber: Hasil Wawancara dengan Bapak Muhammad Indra Kurniawan. Jabatan sebagai Staf Humas. DPW PKS (Partai Keadilan Sejahtera)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar